tawk

Tindakan Menghadapi Gempa Bumi, Tsunami, Angin Topan di Jepang

Dagangku Corps - Magang Jepang

Tindakan  Menghadapi  Gempa  Bumi,  Tsunami,  Angin  Topan di Jepang

Gempa bumi

Jepang sering kali mengalami gempa bumi.  Mungkin Anda akan merasa ketakutan ketika gempa terjadi dan gedung tiba-tiba berguncang, namun sering kali guncangan akan berhenti dalam waktu satu menit. Apabila terjadi  gempa, bertindaklah dengan tenang, dan lakukan tindakan berikut ini:

① Pertama-tama, padamkan semua api. Apabila Anda sedang memasak, segera matikan  kompor Anda. Ketika musim dingin, matika  alat pemanas ruangan. Apabila Anda sedang  merokok, segera matikan api rokok Anda.

② Pergi menuju bawah meja yang kokoh.

③ Dilarang keluar dari gedung dengan terburu-buru: Anda dapat terluka akibat benda-benda yang berjatuhan.

④ Apabila terjadi gempa bumi hebat, secepatnya pergi ke tempat-tempat aman agar terhindar dari gempa susulan.

⑤ Apabila Anda sedang menerima pelatihan (atau magang teknis), ikuti petunjuk dari orang yang berwenang, misalkan instruktur  pelatihan.

⑥ Apabila Anda sedang berada di asrama ketika malam hari atau di hari libur, ikuti tetangga Anda dan dengan tenang melakukan  tindakan yang sesuai. Kemudian hubungi  orang yang berwenang di kantor Anda, mis-alkan instruktur pelatihan, sesegera mungkin.

Tsunami (gelombang pasang)

① Tsunami disebabkan oleh gempa bumi. Ketika terjadi gempa bumi, waspada terhadap tsunami apabila Anda bekerja di lokasi  dekat pantai atau tinggal di asrama yang  lokasinya dekat dari laut.

② Selama pelatihan (atau magang teknis), ikuti  petunjuk dari orang yang berwenang dalam  perusahaan penerima anda di jepang, misalkan instruktur  pelatihan.

③ Apabila Anda berada di asarama ketika  malam hari atau di hari libur dan merasakan gempa bumi besar, segera nyalakan  TV. Dalam waktu beberapa menit setelah  terjadi gempa, setiap stasiun TV akan menampilkan informasi apakah akan terjadi  tsunami atau tidak. Apabila peringatan mengenai tsunami di umumkan, segera pergi ke tempat yang  lebih tinggi. Anda dapat mengikuti petunjuk dari tetangga-tetangga Anda. Dilarang membawa barang pribadi ketika  Anda mengungsi. Kemudian hubungi orang 
yang berwenang di kantor Anda, misalkan  instruktur pelatihan, sesegera mungkin.

④ Untuk mencegah kerusakan selama terjadi  gempa bumi atau tsunami, penting bagi  Anda untuk tetap bertindak tenang.


Angin Topan

Jepang sering kali dilanda angin topan, na-mun datangnya tidak secara tiba-tiba, berbeda  dengan gempa bumi. Angin topan muncul  sering kali terjadi ketika musim panas akan  berubah ke musim gugur. Apabila angin topan muncul di dekat Jepang, maka skala dan  cara mengatisipasinya akan diberitakan oleh 
berita dan ramalan cuaca di TV. Apabila daerah dimana Anda sedang mengikuti pelatihan  tampaknya akan dilanda angin topan, maka  perusahaan penerima sementara akan tutup.  Ikuti instruktur pelatihan atau orang yang berwenang di perusahaan Anda. Apabila daerah Anda di landa angin topan,  hujan dan angin akan benar-benar kencang.  Oleh karena itu:

① Tutup daun jendela dan jendela-jendela dengan rapat.

② Dilarang keluar kecuali jika dalam keadaan  darurat. Pergi keluar tempat kediaman Anda akan membahayakan diri Anda dari benda-benda  berterbangan.

③ Mungkin pula akan ada pemadaman listrik.  Sediakan lampu senter, lilin, dll.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Poskan Komentar
Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2015. Lowongan | Beasiswa | Magang | Kerja | jepang - All Rights Reserved | Template - Dagangku.com
Proudly powered by Blogger