tawk

Ikhtisar Program Pelatihan Industri Perusahaan Jepang

Dagangku Corps - Magang Jepang

Berikut Ikhtisar  Program  Pelatihan  Industri Perusahaan Jepang

  Program  Pelatihan  Industri Perusahaan Jepang


Pelatihan ini terdiri dari “latihan di tempat  kerja” dan “latihan di luar tempat kerja”. “Latihan di tempat kerja” perolehan teknologi, keterampilan dan pengetahuan mengenai  industri atau keterampilan pekerjaan, melalui pekerjaan yang sebenarnya. “Latihan di tempat  kerja” adalah pelatihan di lokasi produksi industri jepang, atau terlibat langsung dalam kegiatan penjualan dan jasa.

“Latihan di luar tempat kerja” adalah perolehan keterampilan yang terpisah dari pekerjaan yang sebenarnya. Secara khusus, “latihan di luar tempat kerja” melibatkan pendidikan  dasar industri dan pengetahuan pekerjaan dan kiat-kiat mengenai hal-hal yang terkait dengan teknologi dan keterampilan yang akan diperoleh, dasar–dasar keselamatan dan kesehatan, bahasa Jepang, gaya hidup dan kebudayaan masyarakat Jepang, perilaku dalam pelatihan dll., dan juga mengenai produksi barang-barang dalam bentuk pelatihan.

- Syarat-syarat  menjadi  trainee (Peserta Magang Jepang)

Para  trainee  harus  memenuhi  persyarat  berikut  ini:
① Minimal  berusia  18  tahun
② Setelah  menyelesaikan  pelatihan  para  calon  trainee  kembali  ke  Negara  asal  mereka,  dan 
terlibat  dalam  pekerjaan  di  mana  mereka  dapat  memanfaatkan  teknologi  dan  keterampilan  yang  mereka  dapatkan  selama  berada bekerja  di  Jepang.
③ Para  calon  trainee  harus  merupakan  orang-orang  yang  benar-benar  memerlukan  pelatihan kerja di  Jepang  karena  para  calon  ini  harus  mendapatkan  teknologi  dan  keterampilan  yang  tidak  dapat  mereka  dapatkan  di  Neg-ara  asal  mereka.
 Untuk  mendapatkan  detail  persyaratan  lain-nya,  dapat  merujuk  kepada  buku  “Buku Pedoman  Program  Pelatihan  Industri  dan Program  Praktek  Kerja.” untuk mendapatkan buku ini silahkan
[ Download disini ]

Tugas-tugas  Pelatihan

Teknologi  dan  keterampilan  yang  ditargetkan  adalah  hal-hal  yang  tidak  dapat  diperoleh hanya dengan  melakukan  pekerjaan  yang  melakukan  pengulangan  (pekerja  tak  terlatih),  dan  tidak  dapat  dikuasai  di  Negara  asal  para trainee.

Sepertiga  dari  total  waktu  pelatihan  akan berupa  pelatihan  di  luar  tempat  kerja  dan  dua
pertiganya  atau  kurang  dari  total  waktu  pelati-han  digunakan  untuk  latihan  di  tempat  kerja.
Pada  prinsipnya,  ketika  para  trainee  memasuki  Negara  Jepang,  maka  pelatihan  secara berkelompok akan  dilakukan  selama  satu  bulan  (kira-kira  160  jam).

Pelatihan  berkelompok  ini  akan  memberikan  orientasi  (penjelasan  mengenai  pelatihan
berkelompok)  kepada  para  trainee  mengenai infomasi  tentang  kehidupan  sehari-hari  di  Jepang, pendidikan  bahasa  Jepang,  informasi mengenai  kompensasi  bagi  para  trainee  dan peserta  magang teknis,  keselamatan  dan  kesehatan  pekerja,  peran  polisi  dan  pemadam kebakaran.  Lebih  dari  60 jam  akan  dihabiskan untuk  pendidikan  bahasa  Jepang  mengingat pentingnya  pendidikan  ini.
Pelatihan  di  luar  tempat  kerja  yang  dilaku-kan  untuk  merangkum  dan  menetapkan  hasil-hasil pelatihan akan  di  lakukan  selama  periode pelatihan  dan  pada  tingkat  akhir  pelatihan.

Tunjangan  Pelatihan Peserta Magang Jepang

Para  trainee  akan  diberikan  tunjangan  pelatihan  yang  besarnya  disesuaikan  dengan  biaya  sebenarnya (pengeluaran  untuk  makanan, pakaian,  kebutuhan  sehari-hari)  yang  penting bagi  para  trainee  untuk dapat  hidup  di  Jepang.  Organisasi  yang  menerima  para  trainee ini  secara  langsung  akan  menyediakan semua tunjangan  pelatihan  kepada  para  trainee  pada tanggal  yang  sama  setiap  bulannya.

Keterangan

① Para  trainee  akan  diberitahukan  melalui  sebuah  surat  tertulis  dari  organisasi  penerima
(Accepting Organization/ perusahaan penerima di jepang) mereka  di  Jepang  mengenai  isi,  waktu,  tunjangan  pelatihan,  dll.

② Para  trainee  tidak  diperbolehkan  melakukan kerja  lembur.

③ Para  trinee  tidak  dapat  meminta  kepada perusahaan  yang  menerima  mereka  untuk bekerja  lembur.

④ Undang-undang  menyatakan  bahwa  seorang instruktur  pelatihan  (yang  memiliki  pengalaman  lebih  dari  5  tahun)  dan  seorang mentor  gaya  hidup  harus  ditempatkan  di organisasi  penerima  para  trainee  ini  (baik bagi  asosiasi  maupun  perusahaan  yang  menerima di jepang)  sehingga  para  trainee  dan  peserta magang  dapat  melakukan  pelatihan  dan magang  mereka  tanpa  ada  hambatan  yang berarti.  Apabila Anda  merasa  ada  hal-hal yang  kurang  jelas  atau  memiliki  pertanyaan, jangan  ragu  untuk menanyakannya  kepada para  instruktur/mentor ini.

Pendaftaran Magang Jepang


berikut penjelasan tentang  >> Ikhtiar program Pelatihan magang jepang untuk wanita
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Posting Komentar
Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2015. Lowongan | Beasiswa | Magang | Kerja | jepang - All Rights Reserved | Template - Dagangku.com
Proudly powered by Blogger