tawk

Kebudayaan dan kebiasaan hidup Negara Jepang

Dagangku Corps - Magang Jepang

Kebudayaan dan kebiasaan  hidup Negara Jepang
Kebiasaan Hidup Orang Jepang

Kebudayaan dan kebiasaan hidup di Negara asal Anda telah terbentuk dalam periode yang sangat lama, dan tidak dapat digantikan. Kebudayaan dan kebiasaan hidup bangsa Jepang juga bukan suatu pengecualian.

Ketika Anda mendapatkan pelatihan di jepang, sebagai seorang trainee dan peserta magang teknis, pada saat yang bersamaan, Anda juga seorang penduduk yang tinggal di Jepang. Anda akan mendapatkan kesempatan-kesempatan hidup yang sama dengan orang Jepang yang ada dalam satu kota yang sama dengan Anda dan secara langsung Anda juga mengalami kebudayaan Jepang dan gaya hidup bangsa Jepang.  Namun demikian, Anda dapat saja merasa malu karena beberapa kebiasaan hidup orang Jepang benar -benar berbeda dari  kebiasaan Anda di negara asal Anda. 

Bab ini menjelaskan berbagai macam hal mengenai bagaimana cara mendapatkan kehidupan yang nyaman di Jepang. Bagaimana pun, penjelasan diberikan secara umum, sehingga tidak langsung berlaku pada kasus Anda, tergantung pada daerah dan situasinya. Janga ragu untuk bertanya kepada mentor gaya hidup Anda. Apabila Anda memiliki peserta magang teknis senior dalam perusahaan yang menerima Anda di Jepang, mendengarkan pengalaman akan menjadi rujukan yang berguna.

Iklim di Jepang

Jepang memiliki empat musim yang sangat berbeda. Secara umum, musim semi pada bulan Maret sampai Mei, musim panas pada bulan Juni sampai Agustus, musim gugur pada bulan September sampai Nopember, dan musim dingin berlangsung pada bulan Desember sampai Februari. Bulan Juni merupakan musim hujan (disebut “tsuyu”).

Jepang adalah sebuah rangkaian pulau panjang dari utara ke selatan, sehingga iklimnya sedikit berbeda antara daerah utara dengan daerah di selatan. Dapatkan informasi mengenai iklim di daerah dimana Anda akan melakukan pelatihan sebelum keberangkatan dari organisasi yang mengirimkan Anda dan persiapkan pakaian yang sesuai.

Di Jepang suasananya panas dan lembab ketika musim panas, dan di Hokkaido, daerah Tohoku dan sepanjang pantai Laut Jepang memiliki suhu yang sangat rendah ketika musim dingin berlangsung: Jika Anda memiliki pakaian musim dingin, bawalah pakaian-pakaian tersebut jika Anda berada di daerah-daerah yang disebut diatas. Tentu saja Anda dapat membeli pakaian tersebut di Jepang, namun harganya akan mahal.


Hal-hal Umum


-Sambutan

Di Jepang, sambutan mendapat penekanan: Kehidupan orang Jepang berawal dan berakhir dengan sambutan. Anda akan belajar macam-macam sambutan, dalam kelas bahasa Jepang. Ingat bahwa sambutan adalah sejenis etika dengan aturan berikut ini:

① Sebuah sambutan pertama kali diberikan oleh orang dari posisi sosial yang lebih rendah atau oleh orang yang lebih muda.

② Sebuah sambutan diberikan oleh orang yang terlebih dahulu mengenali orang lainnya.

③ Orang Jepang tidak selalu memiliki kebiasaan berjabat tangan, namun bukanlah sebuah hal yang buruk jika Anda menyodorkan tangan Anda.

Sambutan tidak hanya diberikan kepada orang yang ada dalam perusahaan yang menerima Anda di Jepang, namun juga kepada orang lain yang hidup didaerah Anda. Sambutan yang ramah akan menciptakan suasana yang nyaman.


- Penampilan

Di Jepang, penampilan merupakan hal yang penting sebagaimana dikatakan karena penampilan menunjukkan karakter orang. Berpenampilan rapi bukanlah mengekspresikan kepribadian Anda, namun menunjukkan bahwa Anda mengerti dan dapat berperilaku dengan cara yang sesuai.

Tetapi ingat hal-hal berikut ini dalam benak Anda:

① Selalu tetap untuk berpakaian rapi dan bukannya memberikan perasaan yang tidak nyaman kepada orang lain. Sikatlah gigi Anda dan basuhlah wajah Anda setiap pagi.

② Berpakaian dengan pakaian yang bersih yang sesuai dengan pekerjaan Anda. Ganti pakaian dalam Anda setiap hari dan cucilah dengan benar.


-Tepat waktu

Anda harus tepat waktu ketika memulai bekerja: Hati-hati untuk tidak terlambat. Sekiranya Anda akan terlambat, beritahukan lewat telepon. Buatlah janji temu ketika Anda mengunjungi seseorang, dan berkunjunglah di waktu yang telah ditentukan.

Terutama, “waktu pengiriman” untuk mengirimkan produk kepada pelanggan harus benar-benar dikelola. Walaupun akan mengagetkan trainee, dalam beberapa kasus waktu pengiriman ditetapkan dalam satuan menit. Ingatlah agar selalu tepat waktu karena keterlambatan dapat merusak reputasi Anda.


-Aturan-aturan dan tatakrama utama


① Tidak ada kebiasaan untuk memberikan tips di Jepang: Anda tidak perlu membayar tips.

② Dilarang meninggalkan sepeda di stasiun atau pusat perbelanjaan. Catatlah bahwa apabila Anda menggunakan sepeda maka Anda mungkin akan dituduh mencuri.

③ Meskipun buah-buahan dan sayur-mayur diluar tampak tidak ada pemiliknya, buah dan sayuran tersebut ada yang memilikinya. Mengambil atau memakan buah-buahan dan sayur-sayuran yang ada diluar sangat dilarang.

④ Dilarang meludah, atau membuang puntung rokok sembarangan.
Di kuil Chiyoda Ward, Tokyo, membuang puntung rokok sembarangan di jalan akan dikenakan denda sebesar 2.000 yen (kira-kira sebesar 18 dolar AS).

⑤ Apabila Anda menemukan barang-barang berharga, termasuk uang, pastikan Anda menyerahkannya kepada polisi.

⑥ Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai peraturan dan tatakrama, silahkan menanyakannya kepada mentor Anda mengenai gaya hidup di jepang.


- Hari libur nasional dan hari libur umum

Hari-hari libur nasional dan hari libur umum ditunjukkan dibawah ini, namun dari semua hari-hari libur dibawah ini mungkin saja ada yang tidak berlaku di perusahaan Anda, tergantung pada jenis usaha. Tanyakan kepada instruktur pelatihan atau mentor gaya hidup untuk mendapatkan keterangan lebih
lengkap.

① Hari-hari libur nasional: Ada 15 hari libur nasional di Jepang.

② Hari libur tahun baru: Pada tanggal 1 Januari dan beberapa hari sebelum dan sesudah tanggal 1 Januari adalah hari libur di sebagian besar perusahaan-perusahaan yang ada di Jepang.

Perbankan tutup dari tanggal 31 Desember sampai dengan tanggal 3 Januari (beragam, tergantung pada hari di minggu itu).

③ Minggu Emas: Karena hari libur nasional berlanjut dimulai dari akhir April sampai

Hari libur nasional dan hari libur umum di jepang

dengan Awal Mei, orang-orang Jepang menyebut periode libur ini sebagai Minggu Emas. Cuaca pada Minggu Emas biasanya sangat nyaman, sehingga daerah tujuan berlibur sangat ramai pada periode ini.

④ Liburan Musim Panas dan Festifal Bon

Biasanya pada liburan Musim panas dan festival Bon, sekolah-sekolah di Jepang memiliki hari libur musim panas dari tanggal 20 Juli sampai dengan 31 Agustus (beragam, tergantung daerahnya).

Karena musim liburan ini sangatlah panas, banyak perusahaan menyediakan liburan musim panas. Periodenya adalah 13-15 Juli atau 13-15 Agustus (periodenya tergantung pada daerah, namun biasanya lebih banyak di bulan Agustus) dan disebut dengan festival Bon. Selama periode liburan Festival Bon, dipercaya bahwa arwah nenek moyang kembali kerumah, dan anggota keluarga yang tinggal di tempat-tempat yang berjauhan akan berkumpul bersama dan mengenang jasa nenek moyang mereka. Liburan Musim Panas di banyak perusahaan ditetapkan pada Festival Bon ini.

⑤ Hari Libur Lainnya

Meskipun Hari Natal bukanlah hari libur di Jepang, banyak keluarga orang-orang Jepang yang merayakan Hari Natal.


Perayaan dan jamuan dari perusahaan penerima


Perusahaan penerima Anda mungkin saja mengadakan Perayaan dan jamuan seperti yang ditunjukkan di bawah ini (tidak semua perusahaan melakukannya), meskipun hari-hari tersebut bukanlah hari libur.

Kebanyakan perayaan ini dilaksanakan sebagai pesta malam yang dilakikan setelah kerja, dan bagi yang mengikutinya mungkin saja dikenakan biaya.

① Hari Ulang Tahun Berdirinya Perusahaan (beberapa perusahaan mengadakannya).

② Pesta Selamat Datang dan Pesta Perpisahaan (pesta menyambut kehadiran orang baru, pesta perpisahaan bagi mereka yang pindah ke perusahaan lain atau pensiun)

③ Pesta Akhir Tahun atau Pesta Tahun Baru (acara sosial di mana karyawan berkumpul di akhir tahun atau di awal tahun).

④ Pesta Ulang Tahun dan Natal.

Akan ada waktu-waktu untuk menjamu teman-teman Anda di perusahaan dengan masakan dari negara asal Anda, dan hal ini akan membuat mereka amat senang. Ikut sertalah secara positif pada perayaan-perayaan semacam ini, dan membuat kenangan yang menyenangkan sangat diharapkan.
Perayaan  dan  jamuan  dari  perusahaan jepang.JPG

Agama

Di  Jepang,  kebebasan  beragama  dijamin  dalam  Undang-Undang  Dasar.
Agama  yang  Anda  anut  mungkin  mengharuskan  Anda  untuk  melakukan doa/sembahyang  di  waktu kerja  Anda.  Dalam  hal  ini,  bicarakanlah  dengan  instruktur  pelatihan  Anda,  dan  berilah  pengertian kepada  rekan  kerja  Anda  yang  lain.
Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi magang kerja di jepang

Pendaftaran Magang Jepang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Poskan Komentar
Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2015. Lowongan | Beasiswa | Magang | Kerja | jepang - All Rights Reserved | Template - Dagangku.com
Proudly powered by Blogger