Peraturan Tinggal di Asrama bagi Peserta Magang Jepang

Dagangku Corps - Magang Jepang

Asrama bagi Peserta Magang Jepang

Asrama Tempat tinggal di Jepang

Ketika Anda menerima pelatihan atau magang teknis di perusahaan penerima Anda, perusahaan Anda akan menyediakan asrama.

Berikut ini akan menjelaskan mengenai asrama secara umum. Ada beragam jenis asrama-asrama yang dimiliki oleh perusahaan, asrama yang berupa kamar apartemen atau juga berupa rumah yang disewa oleh perusahaan penerima. Lokasi asrama juga berbeda-beda ada yang berada di lokasi perusahaan penerima, atau di lokasi di mana kita perlu melakukan perjalanan bolak balik menuju tempat kerja.

- Pintu  Masuk

Tempat tinggal orang Jepang memiliki lorong kecil yang disebut “genkan”. Ketika Anda  memasuki tempat tinggal, Anda harus melepaskan sepatu dilorong ini. Dari lorong ini Anda akan bertelanjang  kaki atau memakai sandal khusus yang dipakai  di dalam ruangan. Harap dicatat bahwa di Jepang, orang biasanya tidak memasuki tempat  tinggal dengan sepatu luar ruangan yang masih terpakai.

Anda akan mendapatkan pelatihan atau magang teknis dengan mengenakan sepatu luar ruangan Anda, namun di tempat kerja, debu  dicegah masuk, misalnya di lokasi perakitan  alat-alat elektronik, Anda diminta untuk me-lepas sepatu luar Anda dan mengenakan sepatu dalam ruang ketika masuk lokasi pabrik.

- Tatami

Tatami adalah keset khusus dalam ruangan  miliki orang Jepang yang terbuat dari jerami. 
Sebuah ruangan dimana keset tatami dipasang  disebut dengan ruang bergaya jepang, dan ruangan-ruangan tanpa keset tatami disebut ruangan bergaya barat (dengan lantai kayu). Selalu  lepaskan alas kaki, termasuk sandal, ketika memasuki ruangan bergaya jepang.
Berkenaan dengan luas ruangan bergaya Jepang, maka jumlah keset tatami dihitung, seperti 6 keset, 4,5 keset, dll. untuk mengukur  besarnya ruangan.


- Matras  (futon)  dan  tempat  tidur

Mayoritas orang tidur menggunakan kasur. Dalam kamar orang Jepang, umumnya mereka  menggunakan futon (semacam matras) yang langsung dihamparkan diatas keset tatami, dan tidur diatasnya (meskipun akhir-akhir ini menempatkan kasur di ruang bergaya Barat semakin umum digunakan). Dengan metode ini, maka Anda akan mengeluarkan matras futon  dari rak yang disebut dengan “oshiire”.  setiap hari sebelum Anda pergi tidur dan menghamparkannnya untuk alas tidur Anda; ketika Anda bangun, lipat kembali matras futon dan letakkan kedalam “oshiire”. Ada keuntungan dengan metode ini Anda dapat menggunakan ruangan menjadi serba guna, seperti menggunakannya untuk ruang tamu, dll. dan juga sebagai kamar tidur.
Anda akan menghamparkan futon diatas keset tatami untuk tidur, atau menggunakan  tempat tidur bertingkat. Menggunakan matras futon atau kasur tergantung pada kondisi asrama.

- Dapur  dan  Makanan

Sebuah dapur dilengkapi dengan saluran air  minum, saluran air minum Jepang dapat langsung di minum. Air minum dari keran adalah  salah satu sumber daya alam kita yang paling  berharga: Tempat Pemurnian Air menyaring  air sehingga air dapat langsung diminum dari  keran. Janganlah membuang-buang air secara 
sembarangan. Gas digunakan untuk memasak. Meskipun  gas sangat praktis, penggunaan gas yang tidak benar dapat menyebabkan “keracunan  gas” atau “ledakan gas” dan oleh karena itu sangat berbahaya. Ketika menggunakan gas,  ikuti petunjuk dari mentor gaya hidup untuk  menggunakannya secara aman.
Sebuah lemari pendingin dengan freezer  sangat penting. Pada banyak kasus, sebuah  lemari pendingin disediakan oleh perusahaan  penerima.

Pada prinsipnya, makanan Anda adalah tanggung jawab Anda.  Berikut ini adalah metode umum penyediaan makanan bagi para trainee dan peserta  magang teknis:

① Saran umum mengenai makanan
i. Anda disarankan untuk mengkonsumsi  makanan 3 kali sehari agar Anda memiliki kehidupan yang sehat dalam bisnis  kehidupan pribadi Anda.

ii. Makanlah sayur-sayuran (vitamin dan serat), daging dan ikan (protein). Jangan  terlalu banyak makan makanan yang tidak seimbang: Pertimbangkanlah keseimbangan gizi.

iii. Mengkonsumsi terlalu banyak garam  tidak baik bagi kesehatan Anda. Batasi  penggunaan garam.

② Sarapan dan makan malam
Makanan pokok adalah nasi. Banyak para  trainee dan peserta magang teknis menggunakan alat pemasak nasi elektronik (rice cooker) untuk menanak nasi, dan memasak makanan penyertanya bersama peserta lainnya, dan memakannya bersama-sama.

Bagi para trainee/peserta magang teknis yang tidak biasa makan nasi sebagai makanan pokoknya, tergantung daerah asal mereka, maka mereka dapat melakukan kebiasaan makanan di Negara mereka.

③ Makan siang
Biasanya, Anda akan membuat bekal  makanan dalam sebuah kotak makanan di  pagi hari dan membawanya ke tempat kerja.  Apabila tempat kerja Anda terletak didekat  asrama Anda, maka Anda dapat kembali ke  Asrama untuk makan siang.

④ Etika Makan
Orang Jepang menggunakan sumpit.  Mungkin Anda terbiasa makan menggunakan tangan Anda.
Jika Anda tidak biasa menggunakan  sumpit untuk makan, maka dapat menurunkan kenikmatan makanan Anda. Apabila  Anda sedang makan sendirian, Anda dapat  makan menggunakan tangan. 
Lagi pula, di  restoran atau pesta, menggunakan sumpit  atau garpu lebih sesuai.
Jangan menjatuhkan makanan ke lantai  agar tetap menjaga kebersihan.

- Mandi

Mungkin Anda akan terbiasa mandi dengan air pancuran (shower) di Negara Anda. Di Jepang kebanyakan orang Jepang mandi dengan  berendam dalam bak mandi. Kamar mandi orang Jepang terdiri dari sebuah bak mandi dan tempat membasuh. Bak  mandi hanya digunakan untuk menghangatkan  tubuh: Basuhlah tubuh Anda di tempat membasuh, bukan di bak. Beberapa orang dapat menggunakan mandi  secara bergantian, berhati-hatilah untuk tidak  mengotori air hangat di dalam bak mandi.  Setelah mandi, jangan mengeringkan air hangat didalam bak mandi. Berikut ini adalah cara mandi:

① Sebelum memasuki bak mandi, basahi tubuh Anda tanpa menggunakan sabun.

② Masuklah ke dalam bak. Jangan mencuci  di dalam bak mandi. Jangan membawa handuk Anda kedalam bak mandi. Jika Anda sudah merasa hangat, keluarlah dari bak mandi.

③ Bilas tubuh Anda dengan baik di tempat  pembasuhan. Kemudian bilas sabun dan  shampoo secukupnya sampai bersih.

④ Masuk kembali kedalam bak mandi agar  tubuh menjadi hangat. Setelah Anda merasa  hangat, keluar dari bak mandi, dan gunakan  sebuah handuk untuk mengeringkan diri di  tempat pembasuhan.

⑤ Akhirnya, gunakan sebuah handuk untuk  mengeringkan seluruh tubuh di dalam kamar ganti.
Anda yang datang dari Negara dimana orang tidak memiliki kebiasaan mandi  di dalam bak, jangan malu mencobanya,  karena di dalam bak mandi tidak hanya  menghangatkan tubuh Anda, namun juga menyantaikan pikiran dan tubuh Anda.  Dalam sebuah asrama yang besar, beberapa orang menggunakan sebuah kamar  mandi besar bersama-sama (tentu saja,  laki-laki dan perempuan dipisah). Awalnya,  Anda tidak terbiasa, namun lama-lama akan  terbiasa juga.  Sebagian besar orang Jepang sangat  menyukai tempat mandi yang berasal dari  sumber air panas alam. 

Apabila di dekat perusahaan penerima Anda di jepang  terdapat sumber mata air panas, cobalah dan dapatkan kenangan yang menyenangkan di Jepang. Akhir-akhir ini, jumlah orang Jepang  yang mandi menggunakan air pancuran  (shower) semakin meningkat khususnya  ketika musim panas. Metode mandi menggunakan pancuran sama saja seperti yang biasa Anda lakukan. Meskipun demikian,  apabila Anda hanya mandi menggunakan  pancuran di musim dingin, maka Anda  membutuhkan waktu yang lama, karena  ketika musim dingin di Jepang benar-benar  dingin. Perhatikanlah bahwa tagihan air dan  gas akan meningkat.

- Kamar  Kecil/Toilet

Ada dua jenis toilet di Jepang – Toilet Gaya  Jepang dan Gaya Barat. Toilet gaya Jepang  adalah toilet tradisional, dan toilet gaya barat  adalah toilet yang digunakan di Eropa dan  Amerika Serikat, seperti yang ditunjukkan  dibawah ini.

Perbedaan Toilet gaya jepang dan gaya barat

Sebagian besar toilet Jepang toiletnya berupa  toilet bilas (di beberapa daerah tidak tersedia toilet bilas ini).
Setelah menggunakan toilet bilas, pastikan Anda membilasnya. Pastikan Anda menggunakan tisu toilet yang bisa larut dalam air yang dijual di supermarket.
Buang sampah selain tisu toilet ditempat sampah yang disediakan. Membuang barang selain tisu toilet ke dalam toilet dapat menyumbat toilet, dan menyebabkan kerusakan. Jika Anda memiliki kebiasaan membilas menggunakan air dari pada tisu toilet, namun kamar kecil di Jepang tidak memiliki fasilitas semacam itu. Akhir-akhir ini, sebuah “toilet dengan pancuran air hangat” yang dapat membersihkan Anda setelah menggunakannya sudah banyak tersedia. Apabila asrama atau perusahaan tempat Anda menggunakan toilet semacam itu, pastikan Anda bertanya kepada mentor gaya  hidup tentang cara menggunakannya. Salah menggunakan toilet ini dapat menyemburkan air dan membasahi lantai kamar kecil.


- Wastafel

Di sebagian besar asrama, Anda dapat menemukan sebuah wastafel untuk mencuci muka di dekat kamar kecil. Setelah Anda bangun tidur, Anda dapat mencuci wajah Anda, menyikat gigi dan merapikan rambut Anda (mencukur kumis atau janggut bagi pria atau merias wajah bagi wanita).

Masalah yang kerap muncul dalam ruang cuci muka adalah rambut yang rontok setelah menyisir, yang dapat menyumbat pipa. Berhati-hatilah agar penyumbatan tidak terjadi. Di banyak asrama, mesin cuci elektronik disediakan di dekat ruang cuci muka. Anda dapat mencuci pakaian kotor Anda di sana.

- Membersihkan

Bersihkan asrama dan semua ruangan secara rutin. Terutama, bersih dan rapihkan dapur, kamar  mandi, kamar kecil dan wastafel yang digunakan oleh semua orang. Bersihkan tempat-tempat  tersebut diatas dengan menggunakan sistem  pergantian tugas agar semua orang mendapatkan kesempatan membersihkan secara adil.

- Listrik  (voltase)

Voltase listrik yang digunakan di Jepang  adalah 100V. Ingatlah voltase ini jika Anda  membawa barang-barang elektronik ke Jepang.


- Perjalanan  Bolak-Balik  ke  Tempat  Kerja

Pada umumnya asrama Anda terletak dekat  tempat kerja Anda, sehingga Anda akan pergi  kerja dengan berjalan kaki atau menggunakan  sepeda. Apabila asrama Anda terletak jauh dari  tempat kerja Anda maka, Anda akan pergi kerja menggunakan kendaraan yang disediakan  oleh perusahaan: Namun dalam beberapa contoh kasus yang lain, Anda akan berpergian  menggunakan fasilitas transportasi, seperti bis.  Apabila Anda menggunakan fasilitas transportasi yang disediakan, maka Anda akan menerima  tunjangan transportasi oleh perusahaan.

- Kebisingan

Umumnya, orang Jepang peka terhadap suara ribut.  Mendengarkan musik dengan suara keras  atau berbicara dengan suara keras kepada teman-teman dapat menyebabkan masalah dengan tetangga Anda. Ingatlah hal ini khususnya  di malam hari.
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Artikel Terkait:
Facebook
Breaking News close button
Back to top

0 komentar

Poskan Komentar
Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2015. Lowongan | Beasiswa | Magang | Kerja | jepang - All Rights Reserved | Template - Dagangku.com
Proudly powered by Blogger